MATERI ORGANISASI PECINTA ALAM
Penulis ; Rullis Casava
ORGANISASI PECINTA ALAM ( OPA )
Organisasi pecinta alam ( OPA ) adalah : organisasi yang
menghimpun para pecinta alam sebagai anggotanya. Dalam Pengorganisasian
Pecinta Alam Mengusahakan hubungan secara efektif antar
orang-orang yang melahirkan kerjasama yang efisien sehingga
dapat menyelesaikan pekerjaan. Dengan kata lain, suatu tugas
yang dikerjakan secara terorganisir seharusnya terselesaikan dengan lebih baik
dan lebih cepat daripada tugas yang sama yang dikerjakan dengan tidak
terorganisir.
Organisasi pecinta alam adalah organisasi yang bergerak
dibidang pecinta alam, semua kegiatan-kegiatan yang dilakukan itu mesti ada
kaitannya dengan alam bebas. maka dari itu ada teknik-teknik khusus yang
dimiliki oleh organisasi pecinta alam.
Maka jika kita “berorganisasi” tetapi hasil kerja kita tidak
lebih baik dan lebih cepat dibandingkan pekerjaan orang lain; maka dapat
dikatakan kita belum bisa berorganisasi.
Kriteria
untuk menjadi seorang PECINTA ALAM antara lain :
- Mengagumi, menyenangi dan mencintai alam.
- Menjaga, memelihara, mempertahankan dan memperbaiki alam ( sebatas kemampuan dan sesuai kebutuhan ).
- Memanfaatkan, mengambil makna dan hasil yang dibutuhkan dari alam dengan tidak meninggalkan jejak ataupun bekas yang merugikan.
- Menyadari, menghayati dan mengamalkan sepenuhnya kerja sama antar sesame komponen alam yang saling menguntungkan.
Tujuan Keorganisasian Pecinta Alam adalah :
a. dapat menjawab setiap pertanyaan tentang PA Indonesia dan hubungan antar PA Indonesia.
b. dapat menjembatani hubungan antar individu PA Indonesia.
c. Menyelaraskan hubungan konseptual maupun oprasional antar kelompok PA.
d. Menjadi salah satu alat pemersatu agar PA Indonesia tidak terjebak dalam kesempitan pandangan dan peralatan yang dapat mengadu domba dan memecah belah antar PA.
Manajemen Organisasi
Merupakan ilmu yang sangat luas (diantaranya meliputi cara menjalankan organisasi, membangun sebuah tim, menetapkan anggaran belanja organisasi (AD/ART), merencanakan program kerja, mengalokasikan sumber daya, problem solving, effective planning, productive meeting, teknik kepanitiaan dll)
Teknik Kepanitiaan Kegiatan
Pengertian panitia menurut bahasa adalah sekumpulan beberapa
orang yang diberi tugas mengurus sesuatu pekerjaan.
Urutan kerja kepanitiaan suatu kegiatan/program adalah :
1.
Munculnya ide/rencana kegiatan/program
2.
Rapat awal untuk menyikapi ide/rencana tersebut
3.
Persiapan kegiatan
4.
Pelaksanaan kegiatan
5.
Evaluasi
Komentar
Posting Komentar